Total Tayangan Halaman

40,888

Senin, 20 Januari 2025

Segmen Pasar

Membaca buku tentang cerita orang yang usaha cukup menarik. Kali ini yang menarik adalah tentang segmen pasar. Dia (penulis buku) bercerita kalau di indonesia (atau bahkan mungkin dunia) ada 3 segmen. Segmen A (atas), B (menengah), dan C (bawah).

Untuk segmen A, dia menulis ciri-cirinya adalah suka barang berkualitas tinggi walaupun harganya mahal.

Untuk segmen C, ciri-cirinya barang yang harganya murah, walau kualitasnya rendah.

Untuk segmen B, diantara A dan C.


Jadi mikir tentang makanan ringan. Saat ini ada banyak yang harganya cukup murah. Misalnya kemarin beli snack pedas isi 10 pcs harga 9.450. berarti kan satunya 945 rupiah. Kemungkinan ini menyasar segmen C.


Fungsi lain pengetahuan segmen ini adalah ketika ingin menjual sebuah produk, mau segmen mana yang kita serang. Apakah A, B, atau C. Nah pastinya strategi tiap segmen berbeda-beda.


Begitu kali ya ... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar